Minggu, 13 September 2015

Pengalaman Ber-Blogging...

Pertama kali saya mengenal blog sejak tahun 2008, saat itu blog saya hanya berisi curahan perasaan dan kejadian sehari-hari yang dihadapi, mulai dari yang remeh seperti saat bisa memotret bunga yang mekar indah, saat mendadak melow dan ingin menulis puisi, atau menceritakan pengalaman travelling.
Saat itu yang saya gunakan adalah di multiply.com, namun seiring waktu multiply.com mengalami perubahan tipe penulis, dari sekedar blogger menjadi blogger penjual... alias menjadi ajang buka lapak online.

Kemudian saat sudah ada era blogspot.com saya memiliki sebuah blog pada tahun 2012 yaitu ezytupperware :  http://ezytupperware.blogspot.co.id/ , blog ini dibuat saat itu hanya demi kepentingan aktivitas berjualan online saya, maklum sebagai pns terkadang masih mencari aktivitas diluar jam kantor, kebetulan berjualan online ini sejalan dengan hobi ber-internet.. ibarat pepatah "sambil menyelam minum air",

daripada hanya sekedar browsing, mengapa tidak sekalian bisa menghasilkan dan memberi pemasukan tambahan.

Selama ini belum pernah membuat blog yang berhubungan dengan bidang pekerjaan atau keilmuan, namun dari aktif ber-blogging sebagai penjual ini saya dipaksa belajar beberapa hal, antara lain :

* bagaimana membuat blog saya dibuka banyak orang 
* bagaimana membuat blog saya menjadi lebih menarik 
* bagaimana membuat blog saya menjadi interaktif dan responsif terhadap customer online yang berkunjung
* bagaimana agar pengunjung berlama-lama saat membuka web
   (pastinya secara murah dan gratis...)
  
karena blog untuk berjualan ibarat sebuah toko yang perlu dipromosikan dan dihidupkan seperti layaknya toko konvensional yang dipasangi papan nama besar, diberi lampu terang, bahkan mungkin dipasang speaker tambahan..

Bagaimana agar blog saya dibuka banyak orang

impian semua penjual online adalah bila page / blog nya bisa masuk dalam halaman pertama pencarian google, namun jika tidak, berhasil masuk di halaman kedua dan ketiga pun sudah sangat bagus.

karena logika nya, calon pembeli yang mencari di google search pasti memulai membuka hasil pencarian dari halaman teratas, baru beralih ke halaman selanjutnya.


Cara yang bisa digunakan antara lain dengan :

1. Memasukkan kata kunci sebanyak banyaknya dengan kata yang ringkas dan efektif, dan sekiranya paling sering dipakai dalam searching di google.
   ini adalah cara yang tersimpel, dengan memakai fasilitas label yang memang tersedia di blogspot.
   contoh kata kunci yang menarik (kasus berjualan) : termurah se indonesia, terpercaya, super diskon, free ongkir, barang bagus, dan sebagainya.

2. Sering mengupdate konten 

   Dengan semakin sering mengupdate maka konten blog kita berada di urutan awal pencarian, 
   dan usahakan isi konten ORIGINAL dan bukan copy paste dari blog orang lain

3. selesai membuat postingan segera lakukan ping. ping adalah pemberitahuan kalau ada pembaharuan diblog kita. bisa melakukan ping manual di http://googleping.com,sobat ikuti langkah-langkahnya dan cek all dicentang semua.ping ini akan memberitahukan ke berbagai macam search engine.


4. Setiap ada entri baru dalam blog, promosikan dalam jaringan sosial lainnya, seperti facebook, path, twitter, instagram, forum-forum online, atau pun pada blog lain. Berkunjung ke blog-blog orang lain terutama yang berpage rank tinggi dan tinggalkan komentar yang baik sesuai topik agar pemilik blog berkenan untuk berkunjung balik



Bagaimana membuat blog saya menjadi lebih menarik

trik yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di blogspot (saya mengutamakan hal-hal yang bersifat GRATIS sesuai prinsip ekonomi) antara lain :
- menata tata letak blog lebih menarik
- memilih template yang eye-catching, menarik, namun tidak terlalu berlebihan.
- masukkan link site ke video yang berhubungan yang ada di youtube 
- dalam postingan sertakan foto dari setiap barang yang dijual, karena gambarpun dapat muncul dari search engine, berikan caption dan properties dari setiap gambar.
contoh :
Sunrise Bromo
View dari Gunung Bromo

Bagaimana membuat blog saya menjadi interaktif dan responsif

caranya adalah 


  1. menjawab setiap komentar di blog, sehingga diharapkan pengunjung merasa diperhatikan dan akan berkunjung kembali
  2. memberikan informasi tentang penulis / penjual yang benar dengan nomer telpon atau kontak yang bisa dihubungi.
  3. berikan link yang menghubungkan blog dengan media sosial lain seperti twitter, facebook, instagram, yang juga digunakan sebagai media promosi.
Bagaimana agar pengunjung berlama-lama saat membuka web

Mebuat anchor teks di setiap artikel, maksudnya disetiap artikel tambahkan link yang menuju artikel kita yang lain, contohnya Penerapan SIM dalam Proses Pengadaan . Dengan menambah anchor teks diharapkan pengunjung akan membuka artikel kita yang lainnya dan akan betah berada di blog kita.



Demikian salah satu pengalaman saya ber-blogging, mungkin sebenarnya masih banyak cara agar blog menjadi menarik yang belum saya ketahui atau lupa saya tuliskan, mari kita pelajari bersama bagaimana menghidupkan blog kita.

dan jika ingin melihat contoh blog saya yang lain silahkan buka EZYTUPPERWARE.

terimakasih..


Ari Ayu Kusumaningtyas

sweetfairy3783@gmail.com
MTS.153110735

Tidak ada komentar:

Posting Komentar